Minggu, 01 Januari 2012

Cara Tambah daya listrik dari 1300 ke 2200 dengan baik

Cara Tambah daya listrik dari 1300 ke 2200 dengan baik

Semenjak saya pasang pendigin udara AC saya mesti bijak untuk menggunakan listrik, kenapa pasal? di karenakan daya listrik di rumah hanya 1300. Sedangkan penggunaan bisa melebihi daya yang tersedia, penggunaan antara lain untuk kulkas 2, AC, komputer , dispenser 2 , Tv, seterika, exhaust fan, kipas,  mesin air terakhir lampu. Pada saat pemakaian bersama – sama di pastikan listrik tidak kuat menampung permintaan daya . Tetapi di kondisi tertentu pada saat penggunaan terpaksa tidak bisa di buat bijak karena kebutuhan yang mesti menyala bersama – sama maka sudah saatnya saya berfikir menambah daya listrik yang ada.
Selanjutnya saya mencari informasi bagaimana caranya dan berapa biaya untuk  menambah daya,  terlintas untuk menggunakan  jasa orang lain untuk mengurus tambah daya agar tidak repot dan terima jadi  akhirnya di kenalkan oleh saudara dengan orang yang mempunyai jasa  tersebut dan saya menghubungi  orang tersebut alangkah terkejutnya setelah tau bahwa orang tersebut meminta jasa Rp. 800.000,- net tidak bisa di tawar di tambah embel – embel kalau dengan orang lain bisa Rp 1.000.000,- lebih. Waduh langsung saya urungkan deh niat saya untuk menambah daya sambil kalau memang terpaksa ya apa boleh buat.
Nah hari ini 21 mei 2010 selepas mengantar istri ke kantor sebelum saya masuk kantor, saya terlintas lagi untuk menambah daya dan langsung meluncur ke kantor PLN di Intercon arah ke kampus mercubuana, saya  mendapatkan pelayanan yang cepat dan mendapatkan informasi yang jelas berapa biaya dan apa persyaratanya. Saya langsung mengisi formulis rdan membayar biaya yang di perlukan dan pemasangan di janjikan dalam waktu 10 hari kerja. Adapun syarat dan biaya sebagai berikut:
  1. Foto kopi KTP
  2. Foto kopi rekening listrik
  3. Mengisi form permintaan tambah daya + materai 6.000
Biaya:
  1. Uang jaminan langganan pola a = Rp. 101,300
  2. Biaya penyambungan (dis 0%) = Rp. 270,000
  3. Administrasi =Rp. 0
  4. Materai = Rp. 3.000 + Rp. 6.000

Total = Rp. 380,300,-

Untuk mendapatkan informasi selanjutnya bisa menuju ke TKP :
PT.PLN (PERSERO)
DISTRIBUSI JAKARTA RAYA DAN TANGERANG
AREA PELAYANAN KEBON JERUK
Pertokoan Intercon Blok A. IX No.7-8
Jl.Meruya ilir Raya Jakarta 11520
Telp.5846761, 5846766 Fax. 5871458

Update Jumat 4 Juni 2010
Hari ini PLN menaikkan daya listrik menjadi 2200, jadi hitungan PLN hari kerja adalah di luar hari sabtu dan minggu dan juga tanggal merah. Di awal saya mengajukan tanggal 21 mei 2010 dan baru hari ini di pasangkan kenaikan dayanya. Pas saat pemasangan sekalian informasikan ke petugasnya bahwa listrik di rumah itu kalau sudah sore redup atau istilahnya spaning nah minta sekalian betulin ternyata mereka tidak bisa dan di sarankan melaporkan langsung ke bagian gangguan. Sesampainya di kantor saya informasikan istri untuk menelpon pihak pengaduan PLN dan dari pihak PLN menjawab akan ada orang yang mengecek kemungkinan hari ini. Saya masih menunggu apakah PLN betul mau datang hari ini atau hari lain.. tunggu kabar berikutnya.

Update jam 15.30 Jumat 4 Juni 2010
Akhirnya orang PLN datang dan telpon, setelah di cek memang tegangan listrik di rumah turun kira- kira 180 v mestinya yang normal adalah 220 seperti standart listrik yang di perlukan alat-alat elektronik, tindakan yang di ambil oleh PLN adalah memindahkan jalur kabel saya ke kabel yang tegangannya lebih tinggi dan maksimal adalah 200 V, kenapa maksimal hanya sebesar itu alasan PLN karena tiang listrik rumah saya jauh dari gardu PLN jadi tegangannya turun. Selanjutnya saya akan mengecek hasilnya nanti setelah jam 6 atau sekitar sehabis magrib karena jam segitu biasanya lampu di rumah redup mungkin karena load penggunaan listrik PLN paling tinggi jam segitu.
Update 20.10.2010
Setelah lama tidak melihat tulisan ini saya tambahkan cerita selanjutnya, sampai saat ini PLN di rumah cukup lumayan normal jarang redup tapi jeleknya pemakaian di rumah terus meningkat yang awalnya 200 ribuan sebulan saat ini sampai 350 ribuan sebulan sudah saatnya meminimalkan pemakaian selain irit juga penghematan uang maklum sudah punya CDK gitu loks.

0 komentar:

Posting Komentar

lakukan yang terbaik

Artikel saya

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Tambah Sesuai Hati kamu