Kamis, 12 Januari 2012

Cara Reset Epson Stylus C90 Blink

Cara Reset Epson Stylus C90 Blink

Posting malam hari, Kali ini saya akan mencoba membahas tentang Printer Canon iP1980 Tulisan Tidak Rata / Garis Tidak Lurus. Kasus ini dulu pernah ditanyakan oleh salah satu pengunjung blog ini, akan tetapi pada saat itu kang Eko belum pernah ngalami secara langsung. OK langsung saja kita menuju ke TKP ......

Indikasi awal :
Hasil Print tidak bisa lurus atau rata kiri apalagi kalau untuk ngeprint garis akan sangat kelihatan tidak lurus. Berikut hasil printnya yg berhasil kang Eko abadikan :


Cara Service Canon iP1980 Tulisan Tidak Rata / Garis Tidak Lurus :

1. Bongkar canon iP1980 anda. Mohon maaf untuk panduan bongkar belum ada. Urutannya buka tutup samping kanan kiri dengan mendorong ke belakang, baru kemudian tutup bagian tengahnya.

2. Amati encodernya. Encoder adalah pita sensor yg terbuat dari plastik dengan motif / kode baris di permukaannya. Letaknya dibelakang Head Carriage / rumah catridge. Berikut gambarnya :




3. Kalau kasus kang Eko : encoder kena cipratan tinta, sehingga menutupi baris kode yg ada di encoder tersebut. untuk membersihkan tinta ini memang agak sulit, tapi kang Eko mencoba cara berikut yaitu dengan merendam encoder itu dengan air panas mendidih dan kemudian tinta coba dibersihkan dengan kuku tangan. tapi jangan sampai baris kodenya hilang. Kalau sampai hilang berarti anda harus mencari encoder yg masih bagus...

4. Jadi penyakitnya adalah encoder yg kena cipratan tinta. Dan akibatnya hasil print jadi kacau dan tidak lurus.... bahkan ada tulisan yg kelihatan patah seperti teriris..

5. Selesai....

Oya ... kasus ini tidak hanya khusus untuk iP1980 tapi bisa juga terjadi di canon type lainnya... yg memiliki encoder sebagai penuntun Head Carriage untuk bergerak..
Selamat mencoba.......

0 komentar:

Posting Komentar

lakukan yang terbaik

Artikel saya

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Tambah Sesuai Hati kamu