Jumat, 13 Januari 2012

3 Penyebab Web Anda Tidak Bisa Diakses

Saat asyik-asyiknya update artikel di blog, tiba-tiba muncul tulisan kalau alamat domain kita tidak bisa diakses. Nah lo… ada apa nih gerangan.. apakah servernya down ??? buat buka web lain lancar-lancar aja tuh ??
Ada 3 komponen yang terlibat dalam akses web :
Server –> Jaringan Internet –> User

3 Penyebab Web Anda Tidak Bisa Diakses

Dari ketiga hal di atas, kita bisa identifikasi sendiri apa yang jadi penyebab masalah ini.
1. Server hosting memang DOWN
Cara tercepat untuk memastikan apakah hosting Anda down adalah dengan melakukan pengecekan di downornot.com. Tinggal Anda masukkan nama domain Anda. Jika hasilnya : “namadomainanda.tld is up!”  itu artinya tidak ada masalah di server. Jika seperti itu, maka kemungkinannya ….
2. IP Address Anda diblokir oleh salah satu HOP
Perjalanan akses dari PC Anda menuju server tentunya melalui beberapa lintasan router yang disebut sebagai HOP. Jika IP Address anda ternyata diblokir oleh salah satu HOP/Router tersebut maka secara otomatis Anda tidak bisa melanjutkan perjalanan menuju server.
Nah caranya tahu dimana letak putusnya koneksi Anda ke server adalah dengan menggunakan perintah TRACE ROUTE.
Caranya yaitu (pada windows) :
1. Start -> All programs  -> Accesories -> Command Prompt
2. Ketikkan : tracert namadomain.com
Akan muncul lintasan router. Jika ada yang timed out (RTO), berarti ada hop yang bermasalah. Dan jika hasilnya tidak ada yang terputus, maka kemungkinannya adalah…..
3. IP Anda terblokir oleh firewall server
Ini adalah kemungkinan yang paling sering terjadi pada hosting yang menggunakan firewall. Terutama yang menggunakan cPanel. IP Anda terblokir otomatis oleh server akibat :
- Akses yang terlalu tinggi sehingga server menganggapnya sebagai salah satu bentuk ddos. Hal ini terjadi karena Anda menggunakan IP dinamis/shared yang digunakan oleh banyak orang.
- Login ke cPanel/FTP/Email dengan menggunakan username dan pasword salah lebih dari 5 kali. Minta ke admin hosting Anda untuk melepaskan IP Address koneksi Anda dari blacklist firewall.
Dari ketiga hal di atas, setidaknya Anda tidak perlu panik saat web tidak bisa diakses.

0 komentar:

Poskan Komentar

lakukan yang terbaik

Artikel saya

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Tambah Sesuai Hati kamu

Daily Calendar