Jumat, 06 Januari 2012

SILABUS GEOGRAFI KELAS X SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

SILABUS GEOGRAFI KELAS X

SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Curup
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Jurusan : X
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 36 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi

Kompetensi Dasar
1.1. Menjelaskan konsep geografi
Materi Pembelajaran :
· Konsep dasar geografi (hasil Seminar dan Lokakarya di IKIP Semarang tahun 1988)
Kegiatan Pembelajaran :
· Menganalisis konsep dasar geografi dari bahan-bahan referensi secara mandiri
· Secara berkelompok menyimpulkan konsep geografi dari pengamatan fenomena geosfer
· Presentasi hasil diskusi
Indikator :
· Menganalisis konsep dasar geografi hasil Seminar dan Lokakarya Semarang (1988)
· Menyimpulkan konsep dasar geografi dalam kajian geosfer

Kompetensi Dasar :
1.2.Menjelaskan pendekatan geografi
Materi Pelajaran :
Metode/pendekatan geografi
1) Metode/pendekatan keruangan (spatial approach)
2) Pendekatan kewilayahan
- pendekatan topik
- pendekatan aktivitas manusia
- pendekatan regional
3) Pendekatan ekologi (ecological approach)
Kegiatan pembelajaran :
· Menggali informasi tentang metode/pendekatan geografi dari bahan-bahan referensi secara mandiri
· Secara berkelompok membuat laporan tentang masalah geosfer (misalnya: pembalakan hutan secara liar di Kab. Rejang Lebong) ditinjau dari ketiga pendekatan geografi
· Presentasi hasil diskusi
Indikator :
· Menjelaskan perbedaan metode/pendekatan geografi
· Menerapkan metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer

Kompetensi dasar :
1.3. Menjelaskan prinsip geografi
Materi Pembelajaran :
· Prinsip-prinsip Geografi
- prinsip penyebaran
- prinsip interelasi
- prinsip deskripsi
- prinsip korologi (keruangan)
Kegiatan pembelajaran :
· Secara individu, menjelaskan prinsip-prinsip geografi dari berbagai referensi
· Secara kelompok, menyimpulkan perbedaan prinsip-prinsip geografi.
· Secara berkelompok, menganalisis bencana sosial/alam (misalnya: tanah longsor di berbagai daerah di Indonesia) dikaji dari keempat prinsip geografi
Indikator :
· Menjelaskan prinsip-prinsip geografi
· Menyimpulkan perbedaan prinsip-prinsip geografi
· Menerapkan prinsip geografi dalam kajian geosfer
Kompetensi dasar :
1.4.Mendeskripsikan aspek geografi
Materi Pembelajaran :
· Aspek geografi
- Aspek fisik (alamiah) : gejala - gejala alam yang timbul
- Aspek sosial (kehidupan) dengan segala interaksi, penyebaran maupun relasinya.
- Ruang lingkup geografi
- Objek studi geografi
- Struktur geografi
Kegiatan Pembelajaran :
· Mengidentifikasi aspek fisik dan aspek sosial (manusia) geografi dari kajian berbagai referensi
· Secara kelompok, mengamati aspek fisik dan sosial geografi di lingkungan setempat
· Secara kelompok, mengkorelasikan aspek fisik dan aspek sosial dari pengamatan gambar (chart) gejala geosfer.
· Secara kelompok, menganalisis ruang lingkup geografi
· Secara individu, menjelaskan perbedaan objek formal dan objek material geografi dari berbagai referensi
· Secara kelompok, menganalisis struktur geografi dari berbagai referensi
Indikator :
· Menjelaskan perbedaan aspek fisik dan aspek sosial geografi
. Memberikan contoh aspek - aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari
· Mengkorelasikan aspek fisik dan aspek sosial (manusia)
· Menganalisis ruang lingkup geografi
· Menjelaskan perbedaan objek formal dan objek material geografi
· Menganalisis struktur geografi

Standar Kompetensi : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar
2.1. Menjelaskan sejarah pembentukan bumi
Materi Pembelajaran :
· Proses terjadinya bumi
· Karakteristik perlapisan bumi
· Teori lempeng tektonik
Kegiatan Pembelajaran :
· Secara kelompok, diskusi tentang teori terjadinya bumi
· Secara individu, mengkaji referensi tentang karakteristik perlapisan bumi
· Secara kelompok, diskusi tentang teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung api serta gempa bumi
Indikator :
Menganalisis teori terjadinya bumi
Mengidentifikasi karakteristik perlapisan bumi
Menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi

Kompetensi dasar :
2.2. Mendeskripsikan tata surya dan jagad raya
Materi Pembelajaran :
· Tata surya dan jagad raya
1) Teori tentang terjadinya tata surya
2) Teori tentang terjadinya jagad raya
3) Anggapan-anggapan tentang jagad raya dan alam semesta
4) Galaksi dalam jagat raya
5) Anggota tata surya
Kegiatan Pembelajaran :
· Secara kelompok , diskusi tentang teori – teori terjadinya tata surya dan jagad raya
· Secara kelompok, diskusi tentang anggapan –anggapan tentang jagad raya dan alam semesta
· Secara individu, mendeskripsikan keberadaan galaksi dalam jagat raya
· Secara kelompok, diskusi tentang rotasi, revolusi dan fisik matahari sebagai sebuah bintang
· Secara individu, mengidentifikasi anggota-anggota tata surya dari berbagai referensi
Indikator :
· Mendeskripsikan teori terjadinya tata surya dan jagad raya
. Menjelaskan perbedaan anggapan – anggapan tentang jagad raya dan alam semesta
· Mendeskripsikan bentuk, ukuran , jarak galaksi dalam jagat raya
· Mengidentifikasi rotasi, revolusi dan ciri-ciri fisik matahari
· Mendeskripsikan anggota – anggota tata surya

0 komentar:

Posting Komentar

lakukan yang terbaik

Artikel saya

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Tambah Sesuai Hati kamu