Sabtu, 17 Desember 2011

Merancang Rumah dengan AutoCAD


Merancang Rumah dengan AutoCAD Anda masih bingung dengan  desain rumah yang anda Impikan di masa mendatang ? Jika anda Bingung merancangnya anda bisa menggunakan Aplikasi AutoCAD. Dengan adanya Software AutoCAD yang dirilis oleh Autodesk anda bisa dengan mudah membuat Desain atau Rancangan Rumah anda. AutoCAD memberikan kemudahan dalam menggambar berbagai macam gambar teknik, mulai dari gambar rumah, bangunan gedung perkantoran, interior bangunan sampai ke gambar jalan dan lain-lain. AutoCAD yang terakhir adalah versi 2010. Ok artikel saya ini saya peroleh dari blog.isdaryanto.com. AutoCAD 1000x Merancang Rumah dengan AutoCAD
Menggambar 2D/3D dengan AutoCAD
AutoCAD memberikan teknik cepat dalam kita merancang sebuah gambar 2D ataupun 3D. Merancang Rumah dengan AutoCAD, Perintah atau command yang umumnya kita gunakan dalam menggambar 2D antara lain adalah line, polyline, move, rotate, mirror, array. Untuk penggambaran bidang kita gunakan perintah : circle, rectang atau ellipse. Selain lebih cepat, hasilnya juga lebih akurat.
Setelah gambar 2D jadi, kita bisa gunakan sebagai dasar untuk pembuatan gambar 3D. Perintah yang kita gunakan dalam penggambaran 3D adalah extrude, rotate 3D, slice, subtract, dan lain-lain. Permainan UCS (Unit Coordinate System) sangat penting dalam kita menggambar AutoCAD 3D.
Rendering gambar AutoCAD 3D
Rendering adalah menempatkan material pada objek gambar 3D. Misalnya material lantai, dinding, batu bata, genteng atau kayu untuk daun pintu. Untuk suasana exterior kita bisa gunakan material : rumput, pohon, tanaman perdu dan lain-lain. Hal yang sangat penting lagi dalam teknik rendering adalah pencahayaan (lighting). Letak titik cahaya yang tepat akan menghasilkan gambar yang bagus dan lebih realistis (mendekati nyata seperti foto). Umumnya hal ini yang masih sulit dilakukan dan kita cenderung melakukan rendering dengan program 3DS Max. Namun kalau kita sering berlatih, kita dapat melakukan rendering hanya dengan program AutoCAD saja, bahkan dengan AutoCAD 2002.
Gambar diatas saya buat hanya dengan menggunakan AutoCAD versi 2002, tanpa bantuan program lain seperti 3DS Max ataupun PhotoShop dan komputer tipe Pentium 4 (lama). Jadi sekali rendering di AutoCAD bisa mengasilkan gambar yang tidak kalah bagusnya dengan program 3DS Max.
Bagi anda yang masih memiliki komputer dengan spesifikasi Pentium 4 misalnya, tidak usah berkecil hati karena anda masih bisa membuat gambar rendering dengan AutoCAD versi 2002. Cukup menambahkan beberapa library texture (pohon, awan, rumput, batu, lantai, karpet) yang bisa anda peroleh dari CD Texture Library. Namun jika anda belum memilikinya, saya bisa memberikan beberapa texture yang umumnya digunakan dalam gambar rendering.
OK sekian dulu post untuk tekhnik membuat desain rumah menggunakan AutoCAD. Oh iya artikel ini saya peroleh dari Blog nya mastah Isdaryanto yaitu Merancang Rumah dengan AutoCAD. Ok Selamat mencoba tekhnik ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

lakukan yang terbaik

Artikel saya

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Tambah Sesuai Hati kamu

Daily Calendar