Jumat, 30 Desember 2011

Cara Mempartisi Hardisk

Cara Mempartisi Hardisk atau membagi hardisk sangat mudah dilakukan tapi bagi lulusan SMK atau yang sudah tau. Terus gimana dengan yang masih belon tau?. Tenang, karena pada postingan kali ini gang tutorial akan membahas tentang tips trik komputer, yaitu cara partisi hard disk.

Untuk partisi hard disk, bisa menggunakan cara lewat DOS atu menggunakan software utilities yang sudah banyak di pasaran seperti pada cara partisi kali ini. Yaitu dengan menggunakan partition magic.

Kelebihan Partisi hardisk adalah:

  • Membuat ruangan atau tempat penyimpanan baru
  • Bisa jadi lebih spesifik karna dapat memisahkan mana tempat untuk Sistem dan mana tempat untuk data sobat
  • Jika sobat melakukan penyimpanan data bukan di My Documents melainkan di hardisk2 lainnya, maksudnya local disc D / E , dan pada saat system sobat terserang virus/corrupt, dan mengharuskan sobat format atau install ulang, sobat cukup menformat disc system atau biasanya local disc C, sehingga data sobat masih terselamatkan.
  • dan masih banyak lagi yang lainnya..he..he..
OK. Biar tidak keburu dingin pembahasannya, mending langsung ke TKP saja. baiklah ini Screen Shotnya cara partisi hard disk dengan partition magic,
  • Silahkan instal terlebih dahulu partition magicnya. Kalo tidak punya, sobat bisa nanya ke mbah google tuk men-download gratis
  • Setelah diinstal, silahkan buka program partition magic
  • Ini awalan hardisk saya, saya akan membuat satu partisi lagi
sebelum partisi
  • Setelah program dibuka, klik kanan salah satu hardisknya pilih Resize/Move ( contoh saya menklik local disc G ), geser tanda panahnya atau isi “Free Space After” sesuai ukuran keinginan sobat, lalu klik OK.
tampilan partition magic
mengubah ukuran hard disk
setelah diubah ukuran hard disk
  • Liat perbedaannya ruang kosong di sebelah pojok kanan, nah itu yang akan kita jadikan hard disk baru, klik kanan ruang kosong nya, klik create, tidak usah berlama – lama langsung saja klik OK. Lalu Klik Apply, klik OK, tunggu prosesnya.
memberi kapasitas hard disk
proses partisi hard disk
proses partisi selesai
  • Setelah selesai coba liat partisi baru sudah jadi.
tampilan setelah partisi
Gimana, mudahkan...!!!???

Untuk mendapatkan software patition magic windows 7, sobat bisa download disini setelah mencoba carikan di forum sebelah atas permintaan dari sobat komentator gallian.

OK. sampai disini dulu cara partisi hard disk dengan mudah. silahkan tunggu postingan selanjutnya tentang tips trik komputer atau tips trik blog lainnya. semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

1 komentar:

lakukan yang terbaik

Artikel saya

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Tambah Sesuai Hati kamu

Daily Calendar