Jumat, 10 Februari 2012

CONTOH RANCANGAN PENELITIAN PENYALAH GUNAAN HANDPHONE SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI SMS PADA SAAT PELAJARAN

RANCANGAN PENELITIAN
PENYALAH GUNAAN HANDPHONE SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI SMS PADA SAAT PELAJARAN
Guru Pengampu : DIDIK ADI SETIAWAN.S.pd















Nama : Ahmad Chidir (4)
                  Ryan Frediyansyah(35)
Kelas :XII S2

SMA ISLAM SULTAN AGUNG 2 KALINYAMATAN JEPARA

DAFTAR ISI

Halaman judul         i
Daftar isi        ii   
BAB I PENDAHULUAN        1
1.1    Judul Penelitian         1
1.2    Alasan mengadakan  penelitian         1
1.3    Rumusan masalah        2
1.4    Tujuan penelitian         2
1.5    Manfaat penelitian        3
BAB II LANDASAN TEORI        4
2.1.    Temuan Teori yang dilakukan orang lain
(penelitian yang relevean)         4
2.2.    Kerangka berfikir        5
2.3.    Penelitian Yang Relevan        5
2.4.    Hipotesis Penelitian        5
BAB III METODELOGI PENELITIAN        6
3.1.    Lokasi Penelitian         6
3.2.    Pendekatan Penelitian        6
3.3.    Jadwal Penelitian        6
3.4.    Objek Penelitian (Populasi)        6
3.5.    Jenis dan Sumber Data        6
3.6.    Populasi dan Sampel Penelitian        6
3.7.    Teknik Pengumpulan Data        7
3.8.    Teknik Analisias Data        8
Daftar pustaka



BAB I PENDAHULUAN
A.    Judul Penelitian
Penyalah gunaan HandPhone sebagai alat komunikasi SMS pada saat pelajaran di SMA Islam Sultan Agung 2 Kalinyamatan Jepara
B.    Alasan Mengadakan Penelitian
     Akhir – akhir ini dalam kegiatan pembelajaran disekolah SMA ISLAM SULTAN AGUNG 2 KALINYAMATAN  semakin berkurang dikarenakan para siswa – siswi banyak yang menyalah gunakan fungsi Handphone sebagai alat komunikasi dengan sms, jika berada di tangan seorang pelajar serta penggunaannya tanpa pantauan dari orang tua, lambat laun sangat membahayakan. Dalam hal ini yang kita garis bawahi adalah bahaya SMS bagi seorang pelajar. SMS yang merupakan singkatan dari Short Message Service bisa menjadi singkatan dari Siswa Malas “Sinau”. Mengapa demikian ? Karena tujuan utama SMS sebagai alat komunikasi tertulis yang sangat cepat, mudah, murah dan hemat digunakan secara berlebihan terutama oleh pelajar yang sangat menggemari cara komunikasi melalui SMS.
Sepintas SMS hanya merupakan alat berkomunikasi antar teman, serta bukan sesuatu bahan atau tingkah laku yang membahayakan, seperti penggunaan narkoba ataupun pergaulan bebas. Karena SMS hanya mengetik apa yang akan mereka tulis dan “send”. Kemudian tidak ada dampak yang terjadi pada si pengirim maupun penerima.  Dampak Negatif Sejauh ini  terhadap  pihak terkait belum menyadari atau belum memperhatikan terhadap para siswa - siswi saat mereka memegang handphone dan waktu menggunakannya. Kalau kita mau melihat, memperhatikan serta mengamati pelajar  menggunakan handphone, niscaya kita akan tahu bahwa handphone di tangan  pelajar digunakan tanpa mengenal batas waktu sejak bangun tidur sampai saatnya akan tidur kembali. Mereka memegang handphone dan ibu jari tanpa henti menari di atas handphone.
Para peserta didik di SMA Islam Sultan Agung 2 Kalinymatan Jepara , Seperti para peserta didik pada umumnya , mereka di sekolah senantiansa di ajari hal – hal yang baik . Hal – hal baik itu misalnya berpakaian sopan , berbicara sopan dan selalu menerapkan nilai – nilai agama dalam kehidupan sehari – hari. Pada umumnya sekolah tidak pernah mengajarkan hal – hal buruk , selain itu SMS pada saat pelajaran sangat mengganggu para siswa – siswa yang belajar selain itu pemikirannya akan terpecah .
Mengingat hal tersebut , penulis menilai adanya penyalahgunaan handphone sebagai alat komunikasi SMS , Khususnya masalah SMS dalam jam pelajaran . Hal inilah yang melatar belakangi penulis untuk mengetahui lebih mendalam mengenai tanggapan peserta didik SMA Islam Sultan Agung 2 Kalinyamatan terhadap hal tersebut.

C.    Rumusan Masalah
Penyalah gunaan Handphone sebagai alat komunikasi SMS .Akan tetapi , penelitian ini hanya  menyangkut kejadian – kejadian yang ada dalam lingkungan sekolah. Untuk itu diperlukannya tanggapan peserta didik SMA Islam Sultan Agung 2 Kalinyamatan  Jepara terhadap hal – hal seperti itulah yang akan diteliti .
Oleh itu penelitian , secara umum penelitian ini didasarkan kepada rumusan masalah sebagai berikut.
Bagaimana tanggapan peserta didik SMA Islam Sultan Agung 2 Kalinyamatan Jepara tahun pelajaran 2010/2011 Terhadap Penyalah gunaah Handphohe Sebagai alat komunkasi SMS?


Penjabaran lebih spesifik rumusan masalah tersebut adalah sebagai berikut :
1.    Apakah tanggapan para siswa – siswi SMA Islam Sultan Agung 2 tahun pelajaran 2010/2011 terhadap penyalah gunaan handphone sebagai alat komunikasi SMS pada saat pelajaran?
2.    Apakah dampak  bagi para siswa – siswi SMA Islam Sultan Agung 2 tahun pelajaran 2010/2011 terhadap penyalah gunaan handphone sebagai alat komunikasi SMS pada saat pelajaran?
3.    Bagaimana cara Mengoptimalkan penggunaan Handphone pada saat pelajaran?
4.    Adakah larangan penggunaan HandPhone pada saat Pelajaran?
5.    Apakah ada hukuman bagi siswa – siswi yang ketangkap SMS pada saat pelajaran?
6.    Apakah Penyebab Siswa – siswi terhadap penyalah gunaan  handphone sebagai alat komunikasi SMS pada saat pelajaran?
D.    Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk :
1.    Mengetahui tanggapan dan sikap para siswa maupun siswi SMA Islam Sultan Agung 2 Kalinyamatan Jepara pada tahun pelajaran 2010/2011 yang mengenai masalah penyalah gunaan Handphone sebagai alat komunikasi SMS pada saat pelajaran.
2.    Menyadarkan bagi Siswa maupun siswi yang terkai dalam penelitian ini
3.    Mendapatkan data dan informasi tentang penelitian yang membahas tentang penyalah gunaan HandPhone Sebagai alat Komunikasi SMS pada saat pelajaran. Dan data maupun informasai ini didapat secara langsung dikalangan Siswa – siswi SMA Islam Sultan Agung 2 Kalinyamatan Jepara, dan nantinya dapat memberikan saran maupun langkah – langkah yangbaik , agar para siswa – siswi  menyadari bahwa perbuatan yang mereka lakukan itu salah dan melangar norma – norma agama , kesopanan dan kesusilaan


E.    Manfaat Hasil Penelitian
     Dengan  dilakukan hasil penelitian ini penulis berharap :
1.    Penelitian dapat mengetahui gambaran yang jelas mengenai sikap para siswa – siswi SMA Islam Sultan Agung 2 Kalinyamatan Jepara
2.    Penelitian ini dapat memberi masukan terhadap pihak – pihak yang terkait.
3.    Penelitian ini untuk mewaspadai para siswa bmaupun siswi yang terkait dalam penelitian
4.    Penelitian ini meberi manfaat bagi para siswa maupun siswi yang belum terkai dalam penelitian ini. Agar si pembaca ini tidak melakukan hal negative yang terdapat pada penelitian ini
5.    Penelitian ini juga ikut serta dalam memberikan masukan , walaupun kecil kepada dunia ilmu pengetahuan   , dan semoga penelitian bermanfaat bagi kita semua.






















BAB II LANDASAN TEORI

A.    Temuan Teori yang dilakukan orang lain (penelitian yang relevan)
Pengertian SMS Short Message Service (SMS) adalah suatu fasilitas untuk mengirim dan menerima suatu pesan singkat berupa teks melalui perangkat nirkabel, yaitu perangkat komunikasi teleon selular, dalam hal ini perangkat nirkabel yang digunakan adalah telepon selular. Salah satu kelebihan dari SMS adalah biaya yang murah. Selain itu SMS merupakan metode store dan forward sehingga keuntungan yang didapat adalah pada saat telepon selular penerima tidak dapat dijangkau, dalam arti tidak aktif atau diluar service area, penerima tetap dapat menerima SMS-nya apabila telepon selular tersebut sudah aktif kembali. SMS menyediakan mekanisme untuk mengirimkan pesan singkat dari dan menuju media-media wireless dengan menggunakan sebuah Short Messaging Service Center (SMSC), yang bertindak sebagai sistem yang berfungsi menyimpan dan mengirimkan kembali pesan-pesan singkat. Jaringan wireless menyediakan mekanisme untuk menemukan station yang dituju dan mengirimkan pesan singkat antara SMSC dengan wireless station. SMS mendukung banyak mekanisme input sehingga memungkinkan adanya interkoneksi dengan berbagai sumber dan tujuan pengiriman pesan yang berbeda.
Dengan Short Message Service (SMS), pengguna hp GSM dapat mengirim dan menerima berita/message singkat (biasanya sampai dengan 160 karakter). Text dapat berupa kata atau nomor atau kombinasi alphanumeric. SMS diciptakan sebagai bagian dari standart GSM Phase 1. Short message pertama yang dikirimkan adalah pada bulan Desember 1992 dari sebuah Personal Computer (PC) ke sebuah hp pada network Vodafone GSM di Inggris. Kalau short message ini dilakukan dengan huruf latin maka 160 karakter yang dapat dikirim, apabila non-latin seperti huruf Arab atau Cina jumlah karakter adalah 70. Cara kerja SMS. Seluruh operator GSM network mempunyai Message Centre, yang bertanggung jawab terhadap pengoperasian atau manejemen dari beberapa berita yang ada. Bila seseorang mengirim berita kepada orang lain dengan hpnya, maka berita ini harus melewati Message Centre dari operator network tersebut, dan MC ini dengan segera dapat menemukan sipenerima berita tersebut. MC ini menambah berita tersebut dengan tanggal, waktu dan nomor dari si pengirim berita dan mengirim berita tersebut kepada si penerima berita. Apabila hp penerima sedang tidak aktif, maka MC akan menyimpan berita tersebut dan akan segera mengirimnya apabila hp penerima




B.    Kerangka Berfikir

Berdasarkan gambar diatas maka akan diketahui apakah ada pengaruh yang ditimbulkan adanya siswa – siswi  yang mengunakan handphone sebagai alat komunikasi SMS pada saat pelajaran dan  terhadap aktivitas belajar siswa – siswi  pada mata semua mapel pelajaran . Lalu dengan itu  diketahui pengaruhnya sehingga memungkinkan kemudahan bagi guru untuk mengatasi bagi para siswa – siswi yang melanggar penyalah gunaan handphone sebagai alat untuk komunikasi SMS pada saat pelajaran.
C.     Penelitian Yang Relevan

Sebelum melakukan penelitian ini, peneliti telah menelusuri beberapa hasil penelitian terdahulu yang memiliki keterkaitan dengan penenlitian yang peneliti lakukan ini. Dari beberapa contoh judul penelitian terdahulu memang memiliki keterkaitan dari segi masalah yaitu mencari tahu tentang hubungan dan pengaruh akan tetapi objek dan sasarannya yang berbeda. Oleh karena itu peneliti memilih masalah tentang penyalah gunaan handphone sebagai alat untuk komunikasi SMS pada saat pelajaran. Pada saat  aktivitas belajar siswa – siswi SMA Islam Sultan Agung 2 Kalinyamatan Jepara pada klas X, XI dan XII.
D.    Hipotesis Penelitian
Menurut Arikunto mendefinisikan hipotesis sebagai “suatu jawaban yang besifat sementara terhadap masalah penelitian sampai terbukti melalui data yang akan terkumpul.Berdasarkan pendapat diatas maka akan peneliti rumuskan bahwa terdapat penyalah gunaan handphone sebagai alat untuk komunikasi SMS pada saat pelajaran. terhadap Aktivitas Belajar siswa Kelas X,Xidan XII pada Semua Mata Pelajaran di SMA Islam Sultan Agung 2 Kalinyamatan Jepara.










BAB III METODELOGI PENELITIAN
A.    Lokasi Penelitian
    Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Sultan Agung 2 Kalinyamatan Jepara yang terletak di Desa Kriyan Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara dijalan Welahan – Gotri.
B.    Jadwal Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2011 mulai tanggal 26 September 2011 di SMA Islam Sultan Agung
C.    Pendekatan Penelitian
    Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Sultan Agung 2 Kalinyamatan Jepara yang terletak di Desa Kriyan Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara dijalan Welahan – Gotri terhadap penyalah gunaan HandPhone sebagai alat komunikasi SMS pada saat pelajaran. Oleh karena itu ,Pendekatan ini digunakan adalah pendekatan deskriptif yaitu memperoleh gambaran mengenai sikap atau tanggapan peserta didik SMA Islam Sultan Agung 2 Kalinyamatan Jepara terhadap penyalah gunaan HandPhone sebagai alat komunikasi SMS pada saat pelajaran.

D.    Objek Penelitian (Populasi)
    Objek penelitian adalah permasalahan yang dijadikan topik penulisan dalam rangka menyusun suatu laporan penelitian. Penentuan objek penelitian sangat penting dikarenakan untuk menunjang kegiatan selama penelitian, sehingga hal-hal yang diperlukan dalam penelitian akan mudah dicapai.
E.    Jenis dan Sumber Data
a.    Jenis Data
        Data Adalah segala fakta maupun angka yang dapat dijadikan untuk menyusun informasi . Data yang akan diperoleh berupa jawaban responden terhadap angket tertulis yang menayangkan sikap peserta didik . Jawaban itu berupa pilihan terhadap pernyataan sangat setuju , setuju , tidak setuju dan tidak tahu.
b.    Sumber Data
        Sumber data (populasi) penelitian ini adalah semua Siswa – Siswi SMA Islam Sultan Agung 2 Kalinyamatan Jepara yang terdaftar pada tahun 2010/2011 Rincian tersebut bisa disampaikan dengan mengunkan table
c.    Metode pengumpulan data : angket
d.    Metode Pengolahan data: Perhitungan Persentasi
F.    Populasi dan Sampel Penelitian
    Populasi adalah Seluruh unsur atau elemen yang menjadi anggota dalam suatu kesatuan yang diteliti. Jadi dalam penelitian ini penulis tidak mungkin mendata atau menanyai atau mewarancarai semua siswa – siswi yang ada di SMA Islam Sultan Agung 2 Kalinyamatan Jepara. Apabila jumlah siswa – siswi yang ada di SMA Islam Sultan Agung 2 ada 800 Orang maka yang diambil 10%nya atau diambil  antara 5 – 10 orang  yang kita wawancarai maupun kita data dari perwakilan kelas X,XI dan XII.
    Sampel adalah objek penelitian yang dipilih dan ditetapkan untuk diteliti lebih jauh sesuai dengan memerlukan penelitian . Jadi dalam penelitian, penulis mengunakan sampel berstrata (Stratified sampling) adalah pengambilan sampel yang dilakukan apabila penelitian memerlukan data yang bertingkat dan berlapis . Agar sampel yang diambil dapat mewakili populasi , maka peneliti menempuh dengan jalan sebagai berikut :
1.    Kelas X diwakili oleh 3 siswa – siswi SMA Islam Sultan Agung 2 Kalinyamatan
2.    Kelas XI diwakili oleh 3 siswa – siswi SMA Islam Sultan Agung 2 Kalinyamatan dan,
3.    Kelas XII diwakili oleh 3 siswa – siswi SMA Islam Sultan Agung 2 Kalinyamatan 
    Dengan demikian , dapat dikatakan secara singkat , bahwa sampel penelitian ini berjumlah 9 orang dari 800 orang siswa – siswi yang ada di SMA Islam Sultan Agung 2 Kalinyamatan Jepara. Sampel ini diambil dari Sampel Berstrata (Stratified Sampling), Sampel bertujuan (purpossive sampling)

G.    Teknik Pengumpulan Data
Untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan penyalah gunaan handphone sebaga alat komunikasi SMS pada saat pelajaran ,  maka peneliti akan menggunkan teknik langsung terjun kelapangan yang berupa observasi. Karena dengan instrument pengumpulan data semacam ini peneliti rasa data yang akan dikumpulkan lebih akurat bila kita mengamati sendiri apa yang akan terjadi dilapangan tersebut.









H.    Teknik Analisias Data
Teknik analisis data yang akan dipakai untuk menjawab masalah 1 dan 3 adalah analisis prosentase
Mengenai jenis penyalah gunaan handphone sebaga alat komunikasi SMS pada saat pelajaran dan jenis aktivitas belajar siswa akan dianalisis dengan memaparkan dalam bentuk kalimat. Sedangkan mengenai Pengaruh penyalah gunaan handphone sebaga alat komunikasi SMS pada saat pelajaran terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas X,XIdan XII  pada semua Mata Pelajaran  di SMA Islam Sultan Agung 2 Kalinyamatan Jepara   akan digunakan rumus regresi sebagai berikut:                 
N=    X
    Y
Keterangan:n : Jumlah sampel
                   Xi : Jumlah score variabel X
                  Yi : Jumlah score variabel Y

















DAFTAR PUSTAKA

1.     http://id.shvoong.com/social-sciences/psychology/2252415-dampak-negatif-sms-bagi-pelajar/#ixzz1kZ66lR1i
2.     http://www.total.or.id/info.php?kk=short%20message%20service
3.    http://www.ittelkom.ac.id/library/index.php?view=article&catid=17%3Asistemkomunikasibergerak&id=404%3Asmsgateway&option=com_content&Itemid=15
4.     http://www.apolloasia.com/
5.    http://www.untukku.com/artikel-untukku/dampak-negatif-%E2%80%9Csms%E2%80%9D-bagi-pelajar-untukku.html
6.    http://www.anneahira.com/pengaruh-handphone.htm
7.    http://www.anneahira.com/pengaruh-hp-terhadap-prestasi-belajar.htm
8.    http://ryswan-ilmualamiahdasar.blogspot.com/2011/01/keuntungan-dan-dampak-handphone-bagi.html
9.    http://portal.paseban.com/article/3567/pengaruh-handphone-terhadap-siswa

0 komentar:

Poskan Komentar

lakukan yang terbaik

Artikel saya

karbar berita

Loading...

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Tambah Sesuai Hati kamu

Daily Calendar