Minggu, 12 Februari 2012

Pengenalan HTML


Pengenalan HTML

Sebelumnya sudah ada postingan yang berjudul Belajar HTML, disana sudah dijelaskan secara mendasar tentang HTML. Sekedar untuk mengingatkan kembali tentang apa itu HTML anda bisa membacanya di Pengenalan HTML.
Didalam tutorial HTML ini kita akan membahas kembali tentang HTML tersebut termasuk elemen-elemen HTML yang belum kita bahas sebelumnya seperti frame, table, form dan sebagainya.

Apa yang dibutuhkan dalam Belajar HTML ini?

  1. Komputer dan koneksi ke Internet.

    Agar kita bisa membaca dan belajar sambil praktek.
  2. Teks editor.

    Teks editor seperti Notepad di Windows adalah pilihan paling mudah karena sudah terintegrasi dengan system kita. Jika ingin menggunakan teks editor yang lebih bagus lagi, bisa men-download Notepad ++.
    Jika menggunakan software lain seperti MS FrontPage atau Dreamweaver usahakan untuk selalu berada di kode "HTML View" dan gunakan real browser untuk menampilkan atau "preview" dokumen HTML anda.
    Dengan kata lain biasakan untuk membuat, mengedit dan memasukkan kode-kode HTML dengan mengetiknya secara manual sehingga nantinya akan terbiasa dan hafal dengan kode-kode HTML.
  3. Browser atau peramban.

    Untuk Windows ada Internet Explorer namun jika ingin menggunakan peramban yang lain ada bermacam-macam pilihan seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Safari dsb.
  4. Kreatif, tekun dan sabar.

    Misal jika diberikan contoh-contoh HTML, kemudian berinisiatif membuat contoh-contoh yang berbeda berdasarkan imajinasinya sendiri ini namanya kreatif.
    Kemudian lakukan dengan rutin dengan melakukan berbagai macam percobaan, melakukan pencarian informasi dari berbagai macam sumber, menyimak dan memberikan perhatian dengan apa yang sedang di lakukan itu namanya baru tekun.
    Kesabaran memang ada batasnya jika ini terjadi sebaiknya anda beralih melakukan hobby-hobby anda yang lainnya lupakan HTML untuk sementara.

Tips lainnya

Jangan menulis tag-tag HTML secara tumpang-tindih.
Penulisan yang salah:
<p><strong>Paragraf dengan tulisan tebal</p></strong>
Penulisan yang benar:
<p><strong>Paragraf dengan tulisan tebal</strong></p>
Hasil dari kedua contoh diatas akan sama:
Paragraf dengan tulisan tebal
Pelajari tapi hindari penggunaan deprecated tag dan atribut, seperti contoh untuk tag <body> deprecated jika menggunakan atribut bgcolor atau background:
<body background="#FFFFFF">...</body>
atau:
<body bgcolor="#FFFFFF">...</body>
Kita dapat menggantinya dengan menggunakan atribut style:
<body style="background-color:#ffffff">...</body>
Dalam tulisan tentang Pengenalan HTML mungkin anda akan mendapati tulisan seperti berikut:
Untuk menuliskan Elemen HTML bisa menggunakan huruf besar maupun huruf kecil. Contoh: <HTML>, <HtMl>, <HTml>, <html>, semuanya adalah sama.
Namun saat ini saya menganjurkan untuk membiasakan diri menggunakan huruf kecil saja baik untuk HTML maupun CSS.
Disamping akan terlihat lebih rapi juga agar nantinya lebih mudah ber-adaptasi dengan XHTML yang memang diharuskan harus menggunakan huruf kecil.
XHTML adalah gabungan dari XML dan HTML jadi tetap menggunakan kode-kode HTML hanya ada peberapa perbedaan yang mudah dipelajari nantinya kalau sudah tahu dan mengerti tentang HTML.
Next tutorial: Tag Dasar HTML.
Posted in HTML Tutorial by Masim man


0 komentar:

Poskan Komentar

lakukan yang terbaik

Artikel saya

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Tambah Sesuai Hati kamu

Daily Calendar