Proposal Penelitian Contoh Proposal Penelitian
Proposal Penelitian dan Contoh Proposal Penelitian
- Belajar membuat proposal tentang sebuah penelitian memang tidak
mudah. Misalnya saja membuat proposal penelitian pendidikan, penelitian
ekonomi, kesehatan, keperawatan, penelitian hukum dsb.
Berikut ini salah satu cara membuat contoh Proposal Penelitian Sosila
STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI
SMA NEGERI 1 Jakarta
TAHUN 2011
Oleh :
XII. IS 2
1. Christian Fernando NIS. 0123567
2. Ray Hidayat NIS. 0987654
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1
Jakarta
Jl. Menuju Sekolah SMA 1 No.1 Jakarta
2011 / 2012
1. Latar Belakang Masalah
Dewasa ini, seiring dengan
perkembangan jaman informasi dan teknologi di era globalisasi yang
tengah banyak dibicarakan di masyarakat kita serta mengenai era
perdagangan bebas yang akan dimulai sebentar lagi, pemerintah
mencanangkan kegiatan – kegiatan pembaruan yang kelak akan berguna guna
menghadapi era globalisasi dan perdagangan bebas.
Mewujudkan pemuda – pemudi yang
dapat menghadapi era globalisasi dan perdagangan bebas, serta dapat
menjadi wakil Indonesia dalam mengembangkan segala potensi Negara kita
nantinya yang tetap berdasar pada dasar Negara kita yakni PANCASILA
tentu menjadi cita –cita pemerintah yang harus segera diwujudkan dengan
strategi yang efektif mengingat sedikitnya waktu yang tersisa.
Pendidikan adalah sektor yang
merupakan bagian penting dari usaha pemerintah guna mewujudkan cita
citanya. Adapun pemerintah segera memberdayakan sistem Kurikulum
Berbasis Kompetensi atau “KBK” guna mendapatkan hasil maksimal dari
bidang pendidikan.
Berdasarkan pengamatan atas
usaha dari pemerintah tersebut, penulis ingin mengetahui apakah sistem
Kurikulum Berbasis Kompetensi tersebut sudah diterapkan secara baik dan
menyeluruh di segala bidang khususnya di SMA Negeri 7 Tangerang.
Dari uraian di atas, untuk
mengetahui lebih lanjut tentang Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMA
Negeri 1 Jakarta, penulis bermaksud melakukan penelitian yang diberi
judul “ Studi Deskriptif Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMA
Negeri 1 Jakarta”.
2. Pembatasan dan Perumusan Masalah
Pembatasan masalah dilakukan
agar permasalahan tetap berada pada lingkup yang sesuai serta selalu
terarah, diperlukan beberapa pertanyaan yang membatasi masalah ini,
sehingga dapat dicapai solusi yang tepat pada pokok permasalahan. Adapun
pertanyaan – pertanyaan yang peneliti ajukan adalah sebagai berikut :
Apakah “KBK” sudah diterapkan dengan baik di SMA Negeri 1 Jakarta ini ?
Bagaimana pendapat semua perangkat sekolah baik tentang sistem “KBK” ini ?
3. Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah :
Untuk mengetahui bagaimana sistem “KBK” di SMA Negeri 1.
Untuk mengetahui tanggapan para perangkat sekolah tentang sistem “KBK” di SMA Negeri 1 Jakarta
Manfaat dari penelitian ini adalah :
Menambah pengetahuan khusnya bagi penulis dalam hal penelitian.
Sebagai
bahan rujukan atau perbandingan bagi Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 7
Tangerang tentang “KBK” di SMA Negeri 1 Jakarta sehingga dapat melakukan
tindakan tepat yang efektif bila masih terdapat kelemahan sehingga SMA
Negeri 1 dapat menjadi SMA Favorit.
4. Landasan Teori
Landasan teori adalah bagian
penting dalam suatu penelitian, adapun guna dari landasan teori adalah
agar penelitian dapat tepat sasaran dan efektif. Adapun beberapa
landasan teori disini :
a. Sekolah. Sekolah adalah
tempat berkumpulnya seseorang yang ingin mendapatkan ilmu (siswa) dengan
fasilitas lainnya dalam rangka membantu proses mendapatkan ilmu atau
belajar.
b. Kepala Sekolah. Kepala
sekolah atau Headmaster adalah seseorang yang memegang pimpinan paling
tinggi dalam sekolah. Biasanya berfungsi sebagai pengatur, pengawas,
maupun pengambil kebijakan dengan tujuan efektifnya kegiatan belajar
mengajar yang terjadi di sekolah.
c. Guru. Guru adalah bagian dari
fasilitas belajar seseorang yang ingin mendapatkan ilmu. Guru berfungsi
sebagai pengajar atau media belajar dari siswa tersebut.
d. Siswa. Siswa adalah seseorang
yang ingin mendapat ilmu guna digunakan atau dikembangkan dalam
kehidupannya guna mencapai cita – cita hidup atau tujuan dari siswa
tersebut.
5. Metodologi Penelitian
Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.
Metode deskriptif adalah metode
penelitian yang meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu
kondisi, suatu pemikiran ataupun suatu peristiwa masa sekarang. (
Idianto M, 2006: 85, 86).
Tujuan
yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah penulis dapat mengetahui
gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta
gejala yang sudah diselidiki.
Adapun langkah – langkah penelitiannya sebagai berikut :
Menyusun proposal penelitian
sosial. Penyusunan proposal dilakukan sebagai langkah awal dalam
melakukan penelitian. Penyusunan ini terdiri dari menentukan topik yang
dipilih. Setelah itu peneliti merumuskan masalah.
Mengumpulkan
data. Pengumpulan data dilaksanakan setelah proposal penelitian
disetujui oleh guru pembimbing. Untuk mengumpulkan data, penulis
menetukan dengan cara Kuesioner dan Wawancara.
Wawancara
adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara
Tanya jawab sambil bertatap muka antara si peneliti dengan objek
penelitian ( Idianto M, 2006: 121 )
Kuesioner
adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara
menyebarkan selebaran yang diisi oleh objek penelitian. ( Idianto M,
2006: )
Pengolahan Data. Setelah data – data terkumpul, penulis akan mengolah data tersebut dengan teknik tabulasi.
Penyusunan
Laporan. Setelah tahap – tahap sebagaimana diuraikan diatas, maka
langkah selanjutnya adalah menyusun laporan agar tujuan dan manfaat
dapat dikomunikasikan.
6. Waktu Penelitian
Waktu penelitian dilaksanakan dari Bulan Januari sampai dengan Bulan Maret 2007.
7. Personalia Penelitian
1. Nama Lengkap : Bagus Fernando NIS.04051007
2. Nama Lengkap : Taufik Hidayat NIS.04051247
8. Anggaran Biaya
Anggaran biaya pada penelitian ini diperoleh dari iuran anggota dengan rincian :
A. Pemasukan
Iuran Anggota :@Rp. 45.000,00 X 2 = Rp. 90.000,00
B. Pengeluaran
Penyusunan Proposal Rp. 40.000,00
Pembuatan Pertanyaan Untuk Kuesioner Rp. 30.000,00
Wawancara Rp. 20.000,00 +
Total pengeluaran Rp. 90.000,00
9. Daftar Pustaka
M. Widianto. Sosiologi untuk SMA jilid 1,2,3, Jakarta, 2004. Erlangga
0 komentar:
Posting Komentar
lakukan yang terbaik