Minggu, 22 April 2012

5 Cara Kreatif mendapatkan Pekerjaan Impian


Terkadang kita bingung untuk mencari pekerjaan yang sangat kita impikan. pekerjaan yang sesuai dengan keahlian kamu, atau pekerjaan yang bisa menjadi hobi kamu. disini, saya mendapat beberapa cara kreatif yang mungkin bisa kamu lakukan untuk mencari pekerjaan tersebut. dan artikel yang saya ambil dari blogkarir.com, bisa membantu dan bermanfaat.

Kirim lamaran yang tidak lengkap

Setelah Kamu menemukan perusahaan yang ingin Kamu lamar, kirimkan surat lamaran yang luar biasa yang mengacu pada lampiran pendukung. Namun jangan lem amplop lamaran Kamu, dan jangan pula Kamu masukkan lampiran pendukung. Perusahaan akan berfikir kalau lampiran Kamu jatuh saat pengiriman. Perusahaan pun akan menelepon Kamu, dan ini kesempatan yang baik untuk mulai menjual potensi diri Kamu.

Menulis surat prospek


Kamu bisa memanfaatkan kekuatan dari direct mail. Pilih sepuluh perusahaan yang memiliki bidang karir yang Kamu minati. Kirim surat ke jaringan kontak Kamu, bisa ke milist, teman kuliah, dosen, atau siapapun, dan tanyakan apakah mereka mengenal seseorang yang bekerja di salah satu dari sepuluh perusahaan yang Kamu pegang daftarnya. Jika ada, kirimkan resume Kamu ke kontak Kamu tersebut, dan minta mereka mem-forwardnya ke yang bersangkutan di perusahaan tersebut. Kamu bisa pula mengirimkannya langsung jika diijinkan.

Email berantai

Trik ini mirip-mirip model MLM, tapi sangat layak dipraktekkan untuk mencari pekerjaan. Pertama-tama buatlah daftar yang berisi sekitar dua puluh perusahaan yang Kamu tertarik bekerja didalamnya. Minta mereka untuk menghubungi Kamu bila mereka mengenal salah satu dari perusahaan tersebut, sehingga Kamu bisa mendapat rekomendasi. Dan terakhir, minta mereka untuk meneruskan email Kamu ke sepuluh orang lainnya.

Bagikan booklet/flyer/resume online

Buatlah booklet/flyer/resume online yang memuat informasi relevan tentang bidang industri Kamu, dan bagikanlah. Semua orang menyukai informasi gratis, dan ini sekaligus menunjukkan keahlian Kamu. Selain offline, sebarkan pula informasi ini secara online, dimana perusahaan bisa melihatnya.

Hubungi HRD perusahaan


Mungkin kedengarannya agak gila, namun ini satu langkah yang cukup luar biasa untuk mendapatkan pekerjaan yang Kamu dambakan. Hubungi HRD perusahaan, dan tanyakan siapakah pihak ketiga yang mereka gunakan dalam proses rekrutmen calon karyawannya. Mereka akan bertanya untuk apa Kamu menanyakannya. Sampaikan pada mereka bahwa saat ini pihak ketiga tersebut belum membutuhkan seseorang dengan kualifikasi seperti Kamu, atau mungkin mereka sedang sibuk dengan klien lain. Katakan bahwa Kamu sedang mencari rekomendasi. Ada kemungkinan perusahaan akan menginginkan Kamu untuk wawancara. Kamuikata pun tidak, setidaknya Kamu telah memberikan petunjuk bermanfaat bagi perusahaan, agar mereka bisa menghemat biaya pihak ketiga. Ini sekaligus menambah nilai Kamu di mata perusahaan.

Itu adalah trik kreatif yang bisa Kamu coba untuk mendapatkan hasil di luar dugaan. Semoga membantu.

0 komentar:

Poskan Komentar

lakukan yang terbaik

Artikel saya

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Tambah Sesuai Hati kamu

Daily Calendar